Semiloka Kerukunan FKUB Sul-Sel Hadirkan Dosen SAA UINAM Jadi Salah Satu Pembicara

  • 11 Maret 2019
  • 01:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

UIN Online - Bertempat di Hotel Grand Imawan (17/11), Forum Kerukunan Ummat Beragama Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Semiloka Kerukunan untuk Generasi Muda dengan tema Merawat Kerukunan dalam Memasuki Pesta Demokrasi.

Hadir di antaranya sebagai  pembicaara adalah Erfan Sutono yang merupakan wakil dari Pemuda Kong Hu Cu, Lidya K Tandirerung, dosen dari STT Intim Makassar , dan juga Syamsul Arif Galib, wakil dari Pemuda Islam yang juga dosen tetap Studi Agama Agama di Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar.

Di hadapan ratusan peserta dan pemuda lintas iman di Makassar, Arif memaparkan materinya tentang  Anak Muda dan Upaya Merawat Kerukunan. Menurutnya, anak muda seharusnya juga dilibatkan langsung dalam kegiatan-kegiatan lintas iman termasuk di dalamnya dalam dialog-dialog lintas iman. Dialog Lintas iman sangat berbeda dengan Debat lintas iman.  Jika dalam debat agama seseorang cenderung ingin menunjukkan bahwa agamanyalah yang paling benar dan mencari titik lemah agama lain, dalam dialog antar iman yang diinginkan adalah bagaimana membangun relasi yang harmonis antar sesama pemeluk agama tanpa harus memberi jastifikasi bahwa agama yang lain pasti salah.

Ditambahkannya bahwa di Makassar, geliat gerakan lintas iman boleh dibilang sangat berkembang. Kegiatan-kegiatan itu diinisiasi oleh kelompok-kelompok lintas iman di kota ini. Sebut saja Jalin Harmoni, Mahabbah Institute for Peace and Goodness, Yayasan KITA Bhineka Tunggal Ika, Peace Generation Makassar, Gen Peace, PISS dan juga  Komunitas GusDurian. Menariknya bahwa, penggerak di komunitas ini adalah anak-anak Muda Milenial.

Hans Hartono, Ketua Panitia kegiatan ini mengatakan bahwa diadakannya kegiatan ini karena FKUB merasa penting untuk melibatkan anak-anak muda dalam kegiatan Lintas iman. Untuk itu, pasca kegiatan ini FKUB Sul-Sel akan menfasilitasi terbentuknya Barisan Pemuda Lintas Iman yang dibina langsung oleh FKUB Sulawesi Selatan.

Penulis: Asrullah

Disclaimer, Tulisan ini sebelumnya telah terbit di: http://www.uin-alauddin.ac.id/uin-5945-semiloka-kerukunan-fkub-sulsel-hadirkan-dosen-saa-uinam-jadi-salah-satu-pembicara.html