Penampilan Barongsai hingga Marawis Warnai Festival Agama-Agama di UIN Alauddin Makassar

  • 23 November 2023
  • 05:53 WITA
  • Administrator
  • Berita

Upaya keras ditunjukkan mahasiswa Studi-Agama-Agama dalam mengkampanyekan dan merayakan keberagaman melalui Festival Agama-Agama.

Festival Agama-Agama adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama sebagai upaya mendekatkan penganut iman yang berbeda untuk dapat saling memahami dan menghargai. Melalui Festival Agama-Agama, wakil dari setiap agama hadir dan memberikan penampilan di hadapan mahasiswa dan civitas akademika UIN Alauddin Makassar.

Festival Agama-Agama UIN Alauddin Makassar dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin makassar, Dr. Muhaemin, M.Ed, M.Th.I mengharapkan bahwa Festival Agama-Agama semoga menjadi payung kebersaaman dan paying kebersamaan itu dimulai dari Prodi Studi Agama-Agama.

Selain itu, Muhaemin juga menegaskan bahwa prinsip kebersamaan adalah prinsip penting. “Perbedaan adalah keniscayaan dan kebersaaman tidak  bisa dibangun jika tidak ada perbedaan.”

Senada dengan itu, Kaprodi Studi Agama-Agama, Syamsul A. Galib mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswanya. “Apa yang dilakukan anak-anak ini adalah bukti nyata dialog lintas iman yang tulus. Dialog yang dibangun karena kesadaran bahwa keberagaman harus dirayakan meski dengan cara yang sederhana.”

Penampilan pertama ditandai dengan Penampilan Barongsai utusan dari Pengurus Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Kota Makassar.

Selain Barongsai, penampilan juga diisi dengan Marawis yang dibawakan oleh santri dari pondok Pesantren MDIA Taqwa, Musik Kulintan oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Indonesia Timur serta penampilan tari, pembacaan puisi dan anggaru’ dari Mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama.

Izzatul Jannah, ketua panitia event Festival Agama-Agama ini mengaku sangat bergembira melihat antusias mahasiswa yang hadir dan menyaksikan pementasan. Tak lupa dirinya mengapresiasi kerja keras dari para panitia dan para penampil dalam Festival Agama-Agama kali ini.