Implementasi MBKM, Dua Dosen SAA Menjadi Dosen Pengampu Mata Kuliah di STFT INTIM Makassar

  • 29 Januari 2024
  • 09:49 WITA
  • Administrator
  • Berita

Relasi akademik antara Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dengan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) INTIM Makassar kembali terjalin dengan sangat baik dengan diundangnya dua dosen Prodi Studi Agama-Agama untuk menjadi pengampu Mata Kuliah di kampus STFT INTIM Makassar.

Selain sebagai upaya melanjutkan tradisi baik yang telah terjadi sejak dahulu, hal ini juga merupakan implementasi dari kerjasama serta bagian dari implementasi kurikulum MBKM yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kehadiran dua dosen ini menambah panjang daftar pertukaran dosen yang terjadi antara Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar dan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologia (STFT) INTIM. Sejak dahulu, baik dosen STFT dan dosen dari Prodi Studi Agama Agama telah terbiasa untuk saling mengampu mata kuliah di dua kampus tersebut.

Kaprodi SAA, Syamsul Arif Galib, M.A menyebutkan bahwa apa yang dilakukan dua institusi ini adalah bagian dari “the unseen dialogue” dari dua iman yang berbeda. Dua institusi dari dua entitas iman yang berbeda saling terbuka untuk mengetahui nilai-nilai dari iman yang lain, langsung dari penganutnya itu sendiri.

Dr. Nurman Said, M.A yang merupakan dosen dan alumni Prodi Studi Agama-Agama nantinya akan mengampu mata kuliah Agama Islam sedangkan Suhasran, M.Ag yang juga merupakan alumni Prodi Studi Agama Agama, akan mengajarkan mata kuliah Bahasa Arab. Sebelumnya, Pdt. Dr. John C. Simon, M.Th. M.Hum Dosen dari STFT INTIM Makassar juga menjadi pengajar mata kuliah Perkembangan Teologi Kristen Modern di Prodi Studi Agama-Agama UIN Alauddin Makassar.