HMPS Studi Agama-Agama Rangkaikan Halal Bihalal dan Dialog Lintas Iman

  • 03 Mei 2024
  • 11:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Suasana persaudaraan dan penghargaan tercermin dalam kegiatan Halal Bihalal Himpunan Mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama yang dirangkaikan dengan Dialog Lintas Iman. Halal Bihalal yang dilaksanakan dengan tema, Semarak Kegembiraan di Tengah Indahnya Keberagaman ini dilaksanakan di Gedung Lecure Theater Fakultas Ushuluddin dan Flsafat UIN Alauddin Makassar.

Selain merayakan kegembiraan dan silaturahmi pasca bulan Ramadhan, kegiatan ini juga menghadirkan pembicara dari agama yang berbeda. Hadir sebagai pemateri adalah Suzanna, SE dari Buddha, I Nyoman Wiracita , SE dari Hinduserta  Pdt. Dr. John C Simon, M.Th, M.Hum dari Kristen. Adapun perwakilan dari Islam adalah Dr. H. Nurman Said, M.A yang juga merupakan dosen senior di Prodi Studi Agama-Agama.

Dalam paparannya, Dr. H. Nurman Said, M.A mengingatkan agar toleransi jangan hanya dipelajari sebagai sebuah teori namun juga perlu ada praktek pelaksanaannya. Halal bihalal yang dirangkaikan dengan dialog lintas iman ini merupakan salah satu ruang perjumpaan itu.

Halal bihalal sendiri merupakan sebuah tradisi masyarakat Nusantara yang dilaksanakan setelah bulan Ramadhan di mana masyarakat berkumpul bersama untuk mempererat silaturrahmi dan juga saling maaf memaafkan. Tradisi ini dimanfaatkan oleh HMPS Studi Agama-Agama sebagai ruang untuk juga berjumpa dengan iman yang berbeda.

Sebagai salah satu Prodi yang menitik beratkan pada pentingnya perjumpaaan, Prodi Studi Agama-Agama berusaha sesering mungkin untuk membangun ruang perjumpaan dengan iman yang berbeda. Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari proses mengenal juga proses pembelajaran bagi mahasiswa Studi Agama-Agama.